Tips Menjalankan Bisnis Keluarga Tanpa Harus Menjadi Beban

Anda akan dipersiapkan untuk menggantikan posisi orangtua mengambilalih perusahaan. Walaupun Anda memulai bisnis bersama keluarga terdekat, tetap harus ada kesepakatan kerja sama yang sah di mata hukum. Hal ini sangat penting sekalipun setiap pihak sudah saling percaya dalam ikatan persaudaraan. Yang pasti, jika Anda ingin berbisnis bareng keluarga, jalanilah secara profesional untuk menghindari perselisihan yang fatal. Sehingga kelangsungan bisnis akan bertahan lama dan meraih kesuksesan. Alasannya memiliki rekan bisnis akan memudahkan Anda untuk mengelola usaha.

Dalam suatu bisnis keluarga, adalah kenyataan bahwa rencana suksesi dapat menjadi begitu ruwet dan melibatkan emosi yang besar antar keluarga. Apalagi keluarga acapkali segan untuk mendiskusikan topik seperti usia sepuh, kematian, serta masalah-masalah keuangan dan yang terkait. Mungkin, ini penyebabnya suka dikatakan bahwa 70 persen dari bisnis yang dimiliki keluarga akhirnya gagal berlanjut dari pendiri kepada generasi keduanya. Kebanyakan lagi, biasanya masalahnya di ketidaksepakatan keluarga serta isyu perpajakan. Salah satu bisnis keluarga yang diperkenalkan CNBC adalah pengusaha daging dari Bridport, Dorset, Inggris yang berusia lebih dari 500 tahun.

Publik umumnya telah mengenal bisnis mebel Presiden Jokowi bernama PT Rakabu Sejahtra, yang terafiliasi dengan PT Toba Sejahtra milik Luhut Panjaitan. Cerita Jokowi berkongsi bisnis dengan Luhut bermula pada 2007 saat masih menjabat Wali Kota Solo lewat teman satu alumni Fakultas Kehutanan UGM, Bambang Supriyambodo. Di Rakabu, Jokowi telah menempatkan Kaesang Pangarep, anak bungsunya yang kini berumur 25 tahun, sebagai komisaris pemilik 51% saham senilai Rp16,2 miliar. Alpha JWC bukan satu-satunya entitas investor yang memodali bisnis Gibran dan Kaesang. Baik Gibran maupun Kaesang, dalam catatan kami, memiliki 24 perusahaan.

Cara berbisnis dengan keluarga

“Cara perusahaan rintisan mendapat dana itu sangat efisien. Saya ingin membawa unsur itu ke dunia bisnis,” pungkas Leong. Selain itu, Amelia mengatakan dukungan sang suami, Danny Indarto, juga sangat membantunya dalam menjalankan semua aktivitasnya. Suaminya menjadi tempat Amelia bercerita dan berbagi ilmu mengenai dunia usaha dan keluarga. Sedangkan kewajiban di bidang pendidikan adalah mendaftarkan dan memastikan kehadiran anggota keluarga PKH ke satuan pendidikan sesuai jenjang sekolah dasar dan menengah. Dan untuk komponen kesejahteraan sosial yaitu penyandang disabilitas dan lanjut usia mulai 60 tahun. Mungkin adakalanya, meski sudah dijadwalkan namun pelaksanaan kerja tidak bisa berjalan sesuai perencanaan.

Kesehatan dan kesejahteraan para pemegang posisi kunci ini terkait erat dengan kesehatan bisnis perusahaan. Hampir semua pemilik bisnis yang disurvei di Indonesia (95%) melaporkan bahwa jika mereka, atau para key individual menderita penyakit kronis, dapat berakibat serius pada kelangsungan bisnis perusahaan. Namun, terdapat kesenjangan perlindungan kesehatan dan penyakit kritis antara pengusaha usia matang dibanding para pengusaha berusia muda di Indonesia, khususnya ketika COVID-19 hadir.