Menghasilkan Di Tengah Pandemi Corona, 5 Peluang Usaha Rumahan Ini Patut Dicoba!

Pertimbangkan untuk menawarkan produk/jasa yang masih banyak dicari orang meski sedang pandemi. Jika Anda bisa memanfaatkan berbagai peluang bisnis tersebut, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan mujur. Terlebih di tengah pembatasan sosial seperti sekarang, dimana masyarakat lebih banyak beraktivitas di dalam rumah yang justru meningkatkan penggunaan web -termasuk untuk berbelanja. Menjalankan usaha on-line bisa dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan lapak-lapak e-commerce yang kian banyak tersedia, atau bisa juga membuat toko online via website pribadi, bahkan menggunakan media sosial.

Mengikuti banyak protokol yang ketat di setiap tempat di dunia yang mewajibkan lockdown dan social distancing, maka rutin kerja otomatis akan turut berubah. Maka dari itu banyak bisnis dan perkantoran yang meminta pekerjanya untuk bekerja dari rumah atau do enterprise from home . Dari sini Anda dapat membuat dan menerapkan peraturan baru untuk para pekerja Anda. Baik itu dalam membuat jadwal kerja tim dan cara berkomunikasi yang lebih efektif meski harus WFH.

Cara berbisnis ditengah pandemi

Misalnya, dengan fokus menjual secara on-line, dan memberikan fasilitas supply order. Dengan tetap meningkatkan kualitas produk serta layanan bisnis, pelanggan akan tahu bahwa Anda akan dengan senang hati dan siap sedia memenuhi kebutuhan mereka. Seperti yang diketahui, imbauan untuk tidak keluar rumah adalah sesuatu yang harus diindahkan, sebab hal ini terbukti ampuh untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Namun, di tengah kondisi seperti ini, ada saja peluang usaha baru yang bisa dimanfaatkan agar kegiatan usaha tetap berjalan dan berkembang. Yang kedua, manfaatkan kehadiran media sosial dan kanal e-commerce semaksimal mungkin untuk menunjang usaha Anda. Tentunya, sudah menjadi rahasia umum bahwa media on-line merupakan cara promosi paling efektif yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa menjangkau banyak pembeli, dan bisa menghemat modal untuk promosi.

Daripada itu, standar dan kualitas produk perlu diperhatikan mulai dari penggunaan bahan baku, proses produksi, pengecekkan produk, hingga packaging tetap steril dan aman sebelum dikirimkan ke konsumen. Untuk memaksimalkannya, calon pebisnis harus pandai melihat peluang pasar. Pebisnis harus melihat apa yang semakin diminati di masa pandemi, seperti jamu, obat natural, atau makanan sehat, yang dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut riset, produk kesehatan seketika mengalami kenaikan penjualan nyaris tiga kali lipat dibanding biasanya. Anda bisa melirik produk yang banyak dicari orang seperti jamu, madu, atau empon-empon untuk ketahanan tubuh. Banyaknya perusahaan menempuh kebijakan work at home demi melindungi pekerjanya terpapar Corona.

Komunikasi ini tidak hanya ditujukan kepada pelanggan atau konsumen, tapi juga untuk inner perusahaan dan para karyawan. Sayangnya, hingga saat ini, belum ada yang bisa memprediksi kapan wabah ini akan benar-benar berakhir dan kegiatan dapat kembali regular. Memahami dampak langsung Covid-19 terhadap semua lini bisnis, Sirclo juga memberikan ideas yang mungkin bisa bermanfaat dan diterapkan oleh UKM online lain di Indonesia. Berdasar tiga contoh kasus dari masing-masing E-Commerce, berikut beberapa tips penting bagi para UKM on-line agar dapat menghadapi wabah Covid-19 dengan upaya optimal. Di sisi lain, para ahli medis juga menyarankan agar setiap orang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.