Cara Mempertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi

Ia mengharapkan, agar para pelaku usaha di Kabupaten Batang tetap bersemangat menggerakkan roda perekonomian, meskipun di tengah pandemi. Untuk melakukan upkeep kamu bisa lakukan dengan menggunakan media sosial. Segera buat akun Media sosial mulai dari FACEBOOK, INSTAGRAM, dan bahkan akun YOUTUBE. Pandemi COVID-19 menimbulkan ancaman eksistensial bagi usaha kecil, dengan lebih dari ribuan bisnis dari berbagai skala menghadapi krisis.

Cara berbisnis ditengah pandemi

Sebab, virus akan mudah dimatikan di dalam tubuh yang memiliki sistem kekebalan tubuh kuat. Selain dijadikan tambahan pemasukan, bisnis juga bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan mengisi waktu luang, Bunda. Kalau Bunda ingin memulai bisnis di masa pandemi, Witkaksono menyarankan untuk memulainya dengan hal-hal yang mudah dilihat dan dimonitor.

Jadikan bisnis Anda sebuah investasi yang layak, menguntungkan, dan cerdas untuk menghindari penyesalan di akhir. Jangan biarkan investasi yang Anda keluarkan sebagai modal tidak memberi imbal hasil berupa pemasukan. Apalagi dalam memulai sebuah bisnis, bila berangkat dari hal yang Anda senangi pasti jalannya akan jadi lebih mudah. Sebab, ini akan menjadi sesuatu yang akan Anda tekuni dan jalani setiap harinya hingga bertahun-tahun. Sehingga harus berangkat dari kesukaan Anda untuk mudah menjadi ardour.

Direktur Teknik BRI Insurance Ade Zulfikar juga menyatakan, UMKM merupakan penggerak utama perekonomian nasional dalam hal struktur ekonomi. Sebab, kata dia, kontribusi UMKM terhadap PDB adalah sebesar 62%, serta penyerapan tenaga kerja dan pengentasan kemiskinan sangat tinggi. Itu yang harus kita sadarkan, menjadi tanggung jawab asosiasi, bagaimana mereka lebih mengerti tentang digital itu. Memasuki usia Indonesia ke-76 tahun, kita harus menang, walaupun kita masih harus terseok-seok dengan kondisi yang ada,” tutur Eddy. Misal menata keuangan, menata diri kita, mengatur kebiasaan kita, itu kunci.

Dalam keuangan rumah tangga, biasa juga disebut sebagai dana darurat alias emergency fund. Bila kondisi likuiditas tidak aman, masa depan bisnis juga terancam. Coba hitung berapa besar tingkat likuiditas usaha, sampai berapa lama Anda mampu menghidupi bisnis dalam situasi tanpa pemasukan? Idealnya, Anda masih memiliki money readily available untuk operasional 12 bulan ke depan. Bila kurang dari itu, Anda perlu memikirkan pengamanan likuiditas agar bisa mempertahankan bisnis di tengah krisis corona ini.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi anda untuk memulai bisnis makanan yang tahan lama dan praktis. Karena pasti banyak keluarga terpaksa menyimpan makanan agar intensitas keluar rumah bisa dikurangi. Anda dapat menjual makanan beku yang sudah dikemas sehingga akan bertahan lama ataupun makanan ringan yang bisa dicicipi sebagai cemilan di rumah. BRILIAN – Bisnis style menjadi salah satu sektor usaha terdampak akibat pandemi Covid-19. Perlu inovasi dan berbagai teknik agar usaha ini matang di kemudian hari. Menjadi seorang YouTuber merupakan salah satu aktivitas on-line terbaik yang dapat mendulang banyak uang.

Akan tetapi, kamu benar-benar perlu mencoba tidak memiliki sugesti bahwa bisnis milikmu akan berakhir akibat pandemi ini, dan cobalah mengelola rasa panik dan stres dengan baik. Sehingga akhirnya, keputusan bisnis yang kamu ambil dapat lebih rasional dan terukur. Tidak ada yang bisa memastikan kapan wabah COVID-19 ini akan berakhir. Hal yang perlu Anda pastikan terlebih dahulu adalah posisi likuiditas bisnis Anda.

Sejak pandemi Covid-19, apalagi Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan, masyarakat lebih memilih berbelanja online. Dari beberapa wawancara yang dilakukan, responden mengaku menjual barang-barang yang sedang laku di pasaran, seperti masker atau produk kesehatan. Terkait dengan legalitas sebaiknya gunakan legalitas yang sudah ada di perusahan. Namun, jika legalitas itu terkait dengan perizinan produk barang/jasa yang dijual sebaiknya perusahaan segera mengurusnya. Semaksimal mungkin pertimbangannya adalah apakah biaya yang keluar berpotensi untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.